Jumat, 04 April 2014

SILABUS PEMBELAJARAN



Madrasah                   : .......................
Kelas/Semester         : VII/ I
Mata Pelajaran          : Fikih

Standar Kompetensi            : 1. Melaksanakan ketentuan thaharah (bersuci)

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
SUMBER BELAJAR
1.1.menjelaskan macam-macam najis dan tatacara thaharahnya
     (bersucinya)
Najis

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab
·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil
·         Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang najis dan macam-macamnya
·         Mendengarkan pen-jelasan macam-macam air
·         Mengklasifikasi-kan macam-macam air.
·         Menyebutkan per-bedaan air mutlaq, musta’mal, mak-ruh dan mutanajis
·         Mempraktikkan cara bersuci dari najis

§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian najis
§  Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis berikut pengertiannya
·     Siswa dapat menjelaskan cara membersihkan najis mutawasitoh





Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.

1.2  Menjelaskan hadast kecil dan tatacara thaharahnya          (bersucinya )

Hadast kecil


·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang hadast kecil dan melakukan tanya jawab seputar hadast kecil
·         Mengidentifikasi kondisi berhadast kecil

Siswa dapat :

·     Menjelaskan pengertian hadast kecil
·     Mengidentifikasi ciri-ciri hadast kecil
·     Menyebutkan contoh yang termasuk hadast kecil



Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


4 x 40 menit
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar observasi
Lembar penilaian
Boneka
Batu, kertas,tissue,daun kering,kaca,plastik,batu apung, batu kali
Air
Gambar peragaan wudhu

Istinja’











·         Membaca kemudian menjelaskan masalah istinja’
·         Mengidentifikasi  alat yang dapat digunakan untuk beristinja’  dan memperagakannya

Siswa dapat :
·     Menjelaskan pengertian istinja’
·     Menjelaskan hukum Istinja’
·     Menjelaskan adab buang air
·     Menentukan alat –alat yang dapat digunakan untuk istinja.
·     Mempraktikkan tata-cara istinja’


Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.

Wudhu

·         Membaca materi, melakukan penga-matan terhadap teman yang mela-kukan wudhu menuliskan hasil pengamatannya dan memberikan kesimpulan
·         Mempraktikkan wudhu secara bergantian
Siswa dapat :

·     Menjelaskan
·     pengertian wudhu
·     Menetukan syarat dan rukun wudhu
·     Menunjukkan sunnah wudhu
·     Mengemukakan hal-hal yang membatalkan wudhu
·     Mempraktekkan tata cara wudhu


Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.

1.3 Menjelaskan hadast besar dan tatacara thaharahnya 







Hadast besar

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Mendengarkan penjelasan tentang pengertian dan contoh hadast besar Melakukan studi kasus seputar masalah hadast besar
Siswa dapat :

·     Menjelaskan pengertian hadast besar
·     Menjelaskan contoh hadast besar



Tugas kelompok
Observasi
Tes unjuk kerja



2 x 40 menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Lembar kerja
Lembar penilaian
Lembar observasi
Boneka
Air


Haid



·         Membaca dan memahami materi haid.
·         Mengidentifikasi ciri-ciri dan siklus haid
·         Mengklasifikasikan jenis kewajiban bagi wanita yang sudah haid
Siswa dapat :

·         Menjelaskan pengertian haid
·         Menunjukkan ciri-ciri darah haid
·         Membedakan darah haid dengan darah istikhadho
·         Menentukan  siklus darah haid
·         Mengidentifikasi kewajiban syar’i bagi wanita yang sudah haid 

Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.



Mimpi Basah





·         Membaca dan memahami materi mimpi basah.
·         Mengidentifikasi ciri-ciri dan waktu terjadinya mimpi basah

Siswa dapat :

·         Menjelaskan pengertian mimpi basah
·         Menunjukkan  ciri-ciri mimpi basah
·         Mengidentifikasi Kewajiban syar’i bagi laki-laki yang sudah mimpi basah


Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.


Mandi wajib


·         Melakukan tanya jawab seputar mandi
·         Mendengarkan penjelasan seputar syarat,rukun dan sunnah mandi
·         Mengidentifikasi sebab diwajibkannya mandi
·         Mencontohkan mandi wajib dengan alat boneka
Siswa dapat :

·         Menjelaskan pengertian mandi
·         Menjelaskan macam-macam mandi
·          Menjelaskan syarat,rukun dan sunnah mandi
·         .Menjelaskan hal-hal yang mewajibkan mandi  Mendemonstrasikan cara mandi wajib


Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.


Tayammum


·         Membaca dan memahami seputar materi tayammum dengan benar
·         Melakukan tanya jawab
·         Memperagakan cara bertayammum
Siswa dapat :

·         Menjelaskan penger-tian tayammum
·         Menjelaskan penger-tian tayammum
·         Menjelaskan syarat dan rukun tayammum
·         Menjelaskan hal-hal yang membatalkan tayammum
·         Menjelaskan sebab-sebab tayammum
·         Mempraktikan cara bertayammum

Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.

1.4. Memprakt-ikkan bersuci dari najis dan hadas

bersuci dari najis dan hadas

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Memperagakan bersuci dari najis dan hadas
·         Mengamati siswa sedang praktek bersuci dari najis dan hadas kemudian memberikan penilaian

Siswa dapat :

·         Mempraktikkan tata Cara bersuci dari najis dan hadas

Tugas kelompok
Observasi
Tes unjuk kerja


2 x 40 menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Lembar kerja
Lembar penilaian
Lembar observasi
Boneka
Air














Standar Kompetensi            : 2. Melaksanakan tatacara shalat fardhu dan sujud sahwi

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

2.1  Menjelaskan tata cara shalat lima waktu



Shalat fardhu

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Membaca dan menelaah ber-bagai literatur untuk menemu-kan konsep yang benar dan jelas tentang shalat
·         Melakukan pe-ngamatan kemu-dian membuat kesimpulan
Siswa dapat :

·         Menjelaskan pengertian shalat
·         Menjelaskan syarat-syarat shalat
·         Menjelaskan rukun shalat
·         Menjelaskan sunnah shalat
·         Mennjelaskan hal hal yang membatalkan shalat

Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis


6x40’
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS

2.2  Menghafal bacaan-baca-an shalat lima waktu 

Shalat fardhu

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Membaca ber-sama- sama bacaan shalat kemudian meng-hafalkannya
Siswa dapat :

·         Melafalkan bacaan shalat dengan benar
·         Menghafal bacaan shalat


Tes unjuk kerja
Tes tulis


6x40’
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS

2.3  Menjelaskan ketentuan waktu shalat lima waktu 

Shalat fardhu

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Menyebutkan waktu pelak-sanaan shalat fardhu kemu-dian menun-jukkan cara menentukan waktu shalat fardhu
Siswa dapat :

·         Menjelaskan waktu shalat fardhu
·         Menjelaskan cara menentukan waktu shalat fardhu


Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis



6x40’
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS

2.4  Menjelaskan ketentuan sujud sahwi






Sujud sahwi

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Membaca dan memahami ma-teri sujud sahwi
·         Membaca ber-sama-sama ke-mudian mengha-falkannya

Siswa dapat :

·         Menjelaskan penger-tian sujud sahwi
·         Menghafal bacaan sujud sahwi






Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis



6x40’
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS

2.5  Mempraktekkan shalat lima waktu dan sujud sahwi 

Sujud sahwi

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Memperakan gerakan shalat dan sujud sahwi secara bergantian
Siswa dapat :

·         Mempraktikkan tata cara shalat dan sijid sahwi


Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis



6x40’
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS


Standar Kompetensi            : 3. Melaksanakan tatacara adzan, iqamah ,dan shalat jamaah

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3.1  Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah

Adzan dan iqamah

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Membaca materi dan melakukan tanya jawab
·         Melafalkan bacaan azdan dan iqamah kemudian menghafalnya


Siswa dapat :
·         Menjelaskan pengertian azdan dan iqamah
·         Menjelaskan hukum azdan dan iqamah
·         Melafalkan azdan dan iqamah

Tes tulis
Performen
Observasi
Tes unjuk kerja


4 x 40 menit
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah

3.2  Menjelaskan  ketentuan shalat berjamaah

Shalat jama’ah


·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·           Mengamati kemudian melakukan tanya jawab kemudian membuat kesimpulan
Siswa dapat :
·         Menjelaskan pengertian shalat berjamaa’ah dan dalilnnya
·         Menjelaskan hukum dan pengertian shalat berjama’ah
·         Menjelaskan syarat menjadi imam dan makmum
·         Menjelaskan tata cara membuat shaf (baris) dalam berjama’ah



Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis



4 x 40 menit
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah

3.3  Menjelaskan ketentuan makmum masbuk

ketentuan makmum masbuk

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·       Membaca dan memahami tatacar makmum masbuq
·       Memperagakan cara shalat  jama’ah makmum masbuq
Siswa dapat :
·         Menjelaskan pengertian makmum masbuq
·         Menjelaskan cara shalat makmum masbuq


Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis



4 x 40 menit
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah

3.4  Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa

cara mengingatkan imam yang lupa

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Memperagakan cara mengingatkan imam lupa


Siswa dapat :
·         Menjelaskan cara-cara mengingatkan imam yang lupa



Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis



4 x 40 menit
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah

3.5  Menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal

cara mengingatkan imam yang batal

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Memperagakan cara mengingatkan imam batal
Siswa dapat :
·         Menjelaskan cara-cara mengingatkan imam yang batal


Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis



4 x 40 menit
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah


3.6  Mempraktekkan adzan, iqamah dan shalat jama’ah

adzan, iqamah dan shalat jama’ah

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Memperagakan cara adzan dan iqamah kemudian memberikan penilaian
·         Memperagakan cara shalat berjama’ah dan melakukan penilaian

Siswa dapat :
·         Mempraktikkan azdan dan iqamah
·         Mempraktikkan cara shalat berjama’ah


Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis



4 x 40 menit
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah


Standar Kompetensi            : 4. Melaksanakan tatacara berdzikir dan berdo’a setelah shalat

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

4.1  Menjelaskan tatacara berdzikir dan berdo’a setelah shalat

Dzikir dan do’a

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Membaca materi dan melakukan tanya jawab
·         Mengidentifikasi keutamaan dzikir dan do’a
·         Melafalkan bacaan dzikir dan do’a kemudian menghafalnya
Siswa dapat :
·         Menjelaskan pengertian dzikir dan do’a
·         Mengemukakan manfaat dzikir dan do’a
·         Melafalkan dzikir dan do’a


Tes Lisan
Observasi
Tes unjuk kerja


2 x 40 menit
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar penilaian
Lembar observasi
Contoh lembaran do’a dan dzikir

4.2  Menghafal bacaan dzikir dan do’a setelah shalat 

Dzikir dan do’a

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Melakukan pengamatan pada saat peragaan dzikir dan do’a


Siswa dapat :
·         Menjelaskan tatacara dzikir an do’a berjamaa’ah dan dalilnnya


Tes Lisan
Observasi
Tes unjuk kerja


2 x 40 menit
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar penilaian
Lembar observasi
Contoh lembaran do’a dan dzikir

4.3  Mempraktekkan dzikir dan do’a

Dzikir dan do’a

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Memperagakan cara dzikir dan do’a secara berkelompok
Siswa dapat :
·         Mempraktikkan dzikir dan do’a


Tes Lisan
Observasi
Tes unjuk kerja


2 x 40 menit
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar penilaian
Lembar observasi
Contoh lembaran do’a dan dzikir

 http://www.usmanmulya.blogspot.com

Tidak ada komentar: