Madrasah : .......................
Kelas/Semester : VII/ I
Mata Pelajaran : Fikih
Standar Kompetensi : 1. Melaksanakan
ketentuan thaharah (bersuci)
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1.menjelaskan macam-macam najis dan tatacara
thaharahnya
(bersucinya)
|
Najis
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar
dan jelas tentang najis dan macam-macamnya
·
Mendengarkan pen-jelasan macam-macam air
·
Mengklasifikasi-kan
macam-macam air.
·
Menyebutkan
per-bedaan air mutlaq, musta’mal, mak-ruh dan mutanajis
·
Mempraktikkan cara
bersuci dari najis
|
§ Siswa dapat
menjelaskan pengertian najis
§ Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis
berikut pengertiannya
·
Siswa dapat menjelaskan cara membersihkan najis mutawasitoh
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar
macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
|
1.2 Menjelaskan hadast kecil dan tatacara thaharahnya (bersucinya )
|
Hadast
kecil
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Membaca dan
menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas
tentang hadast kecil dan melakukan tanya jawab seputar hadast kecil
·
Mengidentifikasi
kondisi berhadast kecil
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian hadast kecil
·
Mengidentifikasi ciri-ciri hadast kecil
·
Menyebutkan contoh
yang termasuk hadast kecil
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
4 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar observasi
Lembar penilaian
Boneka
Batu, kertas,tissue,daun kering,kaca,plastik,batu apung, batu kali
Air
Gambar peragaan
wudhu
|
|
Istinja’
|
·
Membaca kemudian menjelaskan masalah istinja’
·
Mengidentifikasi alat yang dapat
digunakan untuk beristinja’ dan
memperagakannya
|
Siswa dapat :
· Menjelaskan
pengertian istinja’
·
Menjelaskan hukum
Istinja’
· Menjelaskan
adab buang air
·
Menentukan alat –alat yang dapat digunakan untuk istinja.
·
Mempraktikkan tata-cara istinja’
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar
macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
||||
Wudhu
|
·
Membaca materi, melakukan penga-matan terhadap teman yang mela-kukan wudhu menuliskan hasil pengamatannya dan memberikan kesimpulan
·
Mempraktikkan wudhu
secara bergantian
|
Siswa dapat :
· Menjelaskan
· pengertian
wudhu
· Menetukan
syarat dan rukun wudhu
· Menunjukkan
sunnah wudhu
·
Mengemukakan hal-hal yang membatalkan wudhu
· Mempraktekkan
tata cara wudhu
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar
macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
||||
1.3 Menjelaskan hadast besar dan tatacara
thaharahnya
|
Hadast besar
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Mendengarkan penjelasan tentang pengertian dan contoh hadast besar
Melakukan studi kasus seputar masalah hadast besar
|
Siswa dapat :
· Menjelaskan
pengertian hadast besar
· Menjelaskan
contoh hadast besar
|
Tugas kelompok
Observasi
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Lembar kerja
Lembar penilaian
Lembar observasi
Boneka
Air
|
|
Haid
|
·
Membaca dan memahami materi haid.
·
Mengidentifikasi ciri-ciri dan siklus haid
·
Mengklasifikasikan jenis kewajiban bagi wanita yang sudah haid
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan
pengertian haid
·
Menunjukkan
ciri-ciri darah haid
·
Membedakan darah haid dengan darah istikhadho
·
Menentukan siklus darah haid
·
Mengidentifikasi
kewajiban syar’i bagi wanita yang sudah haid
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar
macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
||||
Mimpi Basah
|
·
Membaca dan memahami materi mimpi basah.
·
Mengidentifikasi ciri-ciri dan waktu terjadinya mimpi basah
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan
pengertian mimpi basah
·
Menunjukkan ciri-ciri mimpi basah
·
Mengidentifikasi
Kewajiban syar’i bagi laki-laki yang sudah mimpi basah
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar
macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
||||
Mandi wajib
|
·
Melakukan tanya jawab seputar mandi
·
Mendengarkan penjelasan seputar syarat,rukun dan sunnah mandi
·
Mengidentifikasi
sebab diwajibkannya mandi
·
Mencontohkan mandi wajib dengan alat boneka
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan
pengertian mandi
·
Menjelaskan
macam-macam mandi
·
Menjelaskan syarat,rukun dan
sunnah mandi
·
.Menjelaskan hal-hal yang mewajibkan mandi Mendemonstrasikan cara mandi wajib
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar
macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
||||
Tayammum
|
·
Membaca dan
memahami seputar materi tayammum dengan benar
·
Melakukan tanya
jawab
·
Memperagakan cara
bertayammum
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan
penger-tian tayammum
·
Menjelaskan
penger-tian tayammum
·
Menjelaskan syarat
dan rukun tayammum
·
Menjelaskan hal-hal yang membatalkan tayammum
·
Menjelaskan
sebab-sebab tayammum
·
Mempraktikan cara bertayammum
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar
macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
||||
1.4. Memprakt-ikkan bersuci dari najis dan hadas
|
bersuci dari najis dan hadas
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Memperagakan bersuci dari najis dan hadas
·
Mengamati siswa sedang praktek bersuci dari najis dan hadas kemudian memberikan penilaian
|
Siswa dapat :
·
Mempraktikkan tata Cara bersuci dari najis dan hadas
|
Tugas kelompok
Observasi
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Lembar kerja
Lembar penilaian
Lembar observasi
Boneka
Air
|
|
Standar Kompetensi : 2. Melaksanakan
tatacara shalat fardhu dan sujud sahwi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1 Menjelaskan tata cara shalat lima waktu
|
Shalat fardhu
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Membaca dan menelaah ber-bagai literatur untuk menemu-kan konsep yang
benar dan jelas tentang shalat
·
Melakukan pe-ngamatan kemu-dian membuat kesimpulan
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan
pengertian shalat
·
Menjelaskan
syarat-syarat shalat
·
Menjelaskan rukun
shalat
·
Menjelaskan sunnah
shalat
·
Mennjelaskan hal hal yang membatalkan shalat
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
6x40’
|
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS
|
2.2 Menghafal bacaan-baca-an shalat lima waktu
|
Shalat fardhu
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Membaca ber-sama- sama bacaan shalat kemudian meng-hafalkannya
|
Siswa dapat :
·
Melafalkan bacaan shalat dengan benar
·
Menghafal bacaan
shalat
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
6x40’
|
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS
|
2.3 Menjelaskan ketentuan waktu shalat lima
waktu
|
Shalat fardhu
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Menyebutkan waktu pelak-sanaan shalat fardhu kemu-dian menun-jukkan cara
menentukan waktu shalat fardhu
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan waktu
shalat fardhu
·
Menjelaskan cara menentukan waktu shalat fardhu
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
6x40’
|
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS
|
2.4 Menjelaskan ketentuan sujud sahwi
|
Sujud sahwi
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Membaca dan memahami ma-teri sujud sahwi
·
Membaca ber-sama-sama ke-mudian mengha-falkannya
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan penger-tian sujud sahwi
·
Menghafal bacaan
sujud sahwi
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
6x40’
|
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS
|
2.5 Mempraktekkan shalat lima waktu dan sujud
sahwi
|
Sujud sahwi
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Memperakan gerakan shalat dan sujud sahwi secara bergantian
|
Siswa dapat :
·
Mempraktikkan tata cara shalat dan sijid sahwi
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
6x40’
|
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS
|
Standar Kompetensi : 3. Melaksanakan
tatacara adzan, iqamah ,dan shalat jamaah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah
|
Adzan dan iqamah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Membaca materi dan melakukan tanya jawab
·
Melafalkan bacaan azdan dan iqamah kemudian menghafalnya
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian azdan dan iqamah
·
Menjelaskan hukum azdan dan iqamah
·
Melafalkan azdan
dan iqamah
|
Tes tulis
Performen
Observasi
Tes unjuk kerja
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih
VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara
shalat
VCD shalat
Rasulullah
|
3.2 Menjelaskan
ketentuan shalat berjamaah
|
Shalat jama’ah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Mengamati kemudian melakukan tanya jawab kemudian membuat kesimpulan
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian shalat berjamaa’ah dan dalilnnya
·
Menjelaskan hukum dan pengertian shalat berjama’ah
·
Menjelaskan syarat menjadi imam dan makmum
·
Menjelaskan tata cara membuat shaf (baris) dalam berjama’ah
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih
VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara
shalat
VCD shalat
Rasulullah
|
3.3 Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
|
ketentuan makmum masbuk
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Membaca dan memahami tatacar makmum masbuq
·
Memperagakan cara shalat
jama’ah makmum masbuq
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan
pengertian makmum masbuq
·
Menjelaskan cara shalat makmum masbuq
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih
VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara
shalat
VCD shalat
Rasulullah
|
3.4 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang
lupa
|
cara mengingatkan imam yang lupa
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Memperagakan cara mengingatkan imam lupa
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan
cara-cara mengingatkan imam yang lupa
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih
VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara
shalat
VCD shalat
Rasulullah
|
3.5 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang
batal
|
cara mengingatkan imam yang batal
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Memperagakan cara mengingatkan imam batal
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan cara-cara
mengingatkan imam yang batal
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih
VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara
shalat
VCD shalat
Rasulullah
|
3.6 Mempraktekkan adzan, iqamah dan shalat
jama’ah
|
adzan, iqamah dan shalat jama’ah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Memperagakan cara adzan dan iqamah kemudian memberikan penilaian
·
Memperagakan cara shalat berjama’ah dan melakukan penilaian
|
Siswa dapat :
·
Mempraktikkan azdan
dan iqamah
·
Mempraktikkan cara
shalat berjama’ah
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih
VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara
shalat
VCD shalat
Rasulullah
|
Standar Kompetensi : 4. Melaksanakan tatacara berdzikir dan berdo’a setelah shalat
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
4.1 Menjelaskan tatacara berdzikir dan berdo’a
setelah shalat
|
Dzikir dan do’a
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Membaca materi dan melakukan tanya jawab
·
Mengidentifikasi
keutamaan dzikir dan do’a
·
Melafalkan bacaan dzikir dan do’a kemudian menghafalnya
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian dzikir dan do’a
·
Mengemukakan manfaat dzikir dan do’a
·
Melafalkan dzikir
dan do’a
|
Tes Lisan
Observasi
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar penilaian
Lembar observasi
Contoh lembaran do’a dan dzikir
|
4.2 Menghafal bacaan dzikir dan do’a setelah
shalat
|
Dzikir dan do’a
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Melakukan pengamatan pada saat peragaan dzikir dan do’a
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan tatacara dzikir an do’a berjamaa’ah dan dalilnnya
|
Tes Lisan
Observasi
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar penilaian
Lembar observasi
Contoh lembaran do’a dan dzikir
|
4.3 Mempraktekkan dzikir dan do’a
|
Dzikir dan do’a
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Memperagakan cara dzikir dan do’a secara berkelompok
|
Siswa dapat :
·
Mempraktikkan
dzikir dan do’a
|
Tes Lisan
Observasi
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar penilaian
Lembar observasi
Contoh lembaran do’a dan dzikir
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar