Senin, 31 Maret 2014

variabel dependen dan independen



Dalam penelitian ini terdapat variabel dependen dan independen.
a. Variabel dependen atau variabel tidak bebas dalam penelitian ini adalahhasi l produksi padi ( Y ). Hasil produksi diukur dalam satuan kilogram( Kg), sedangkan harganya diukur dalam satuan rupiah ( RP ).
b. Variabel independen atau variabel bebas yang mempengaruhi hasil produksi tanaman padi terdiri dari :
1. Luas lahan
Adalah luas lahan yang dikerjakan baik oleh petani pemilik, penyakap, maupun penggarap. Luas lahan sebagai media untuk penanaman padi diukur dalam satuan hektar ( Ha ).Sedangkan harga diperhitungkan sesuai dengan harga yang berlaku di daerah tersebut dan diukur dalam satuan rupiah.
2. Bibit
Bibit yang ditanam petani berasal dari bibit yang sudah ditanam petanisendiri maupun yang dibeli. Diukur dalam satuan Kilogram ( Kg ).
3. Pupuk
Pupuk yang digunakan petani lebih dari satu macam pupuk, sehingga harus diakumulasikan sesuai dengan jenis dan harganya. Diukur dengan satuan kilogram ( Kg ).
4. Pestisida
Adalah obat-obatan yang dipergunakan petani dalam pemeliharaan tanaman padi selama satu masa tanam. Diukur dengan satuan liter.
5. Tenaga kerja
Adalah jumlah tenaga kerja dari seluruh kegiatan produksi padi yang diperhitungkan dalam satuan hari orang kerja. Satu hari orang kerja biasanya diperhitungkan tujuh jam kerja, tenaga kerja pria digunakan sebagai ukuran bahan baku dari tenaga kerja lainnya yang kemudian
disetarakan dengan pria ( Nevi Rahayu, 2004: 29 ).
1 pria = 1 hari kerja
1 wanita = 0, 7 hari kerja
1 anak = 0, 5 hari kerja.
Biaya tenaga kerja diukur dengan satuan rupiah. Besarnya upah yang diterima satu hari kerja pria adalah Rp.25.000, sehingga upah yang diterima tenaga kerja wanita adalah sebesar Rp.17.500 dan upah yang diterima satu hari kerja anak adalah Rp.12.500.
E. Metode Analisis
a. Analisis Regresi Linier Berganda
Analisis ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar variabel independen dalam hal ini luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tanaga kerja mempengaruhi hasil produksi tanaman padi sebagai variabel dependen.
Ditulis dengan persamaan sebagai berikut :
Ln Y = βο + βı Ln Xı + β2 Ln X2 +…….. + ei
Dimana : Y = Hasil produksi tanaman padi ( kg)
βο = Konstanta
βı… β5 = Koefisien regesi variabel
Xı = luas lahan (Ha)
X2 = bibit ( Kg)
X3 = pupuk ( Kg )
X4 = pestisida ( Liter )
X5 = tenaga kerja (Hok)
http:www.usmanmulya.blogspot.com

Tidak ada komentar: